photo_2016-12-01_06-20-36

Klesman merupakan sebuah desa di kecamatan Mojotengah kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang mempunyai potensi wirausaha makanan kecil yang cukup berkembang mengingat banyaknya bahan baku di lingkungan sekitar. Opak merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo khususnya di Kecamatan Wonosobo. Berbagai macam jenis opak ada di wilayah Kecamatan Mojotengah. Salah satu jenis opak adalah opak ketan yang berasal dari Desa Klesman. Opak klesman pertama kali diproduksi tahun 1917 dan mampu bertahan sampai sekarang. Pada awalnya opak ketan dibuat dengan rasa gurih kemudian berkembang menjadi manis. Saat ini industri rumah tangga opak klesman telah mencapai 15 industri rumah tangga yang terbagi dalam 2 kelompok usaha bersama.

Pemasaran industri rumah tangga opak klesman masih dilakukan dengan cara menitipkan opak di toko atau warung di sekitar Kabupaten Wonosobo. Pemasaran belum sampai luar kota. Hal ini dikarenakan tidak ada dana yang mencukupi untuk pemasaran ke luar kota. Permasalahan pemasaran ini hampir dirasakan oleh semua industri rumah tangga kecil. Permasalahan lain adalah kondisi sinar matahari yang kurang mendukung. Kabupaten Wonosobo sebagai daerah pegunungan tidak banyak mendapat sinar matahari. Opak memerlukan sinar matahari untuk pengeringan. Kurangnya sinar matahari membuat pengeringan opak menjadi terhambat sehingga produksi menjadi tidak maksimal.

Pada industri rumah tangga opak klesman juga belum menggunakan alat pencetak opak. Pencetakan opak masih menggunakan manual sehingga pencetakan memerlukan waktu yang cukup lama. Industri rumah tangga opak klesman masih menggunakan pola tradisional dengan ibu rumah tangga sebagai ujung tombaknya. Pengelolaan yang lebih profesional diperlukan agar industri rumah tangga opak semakin maju. Opak klesman masih menggunakan plastik tanpa cap sehingga belum ada legalitas untuk perijinan.

Apabila industri rumah tangga di Klesman berkembang akan berdampak yang cukup luas yaitu adanya peningkatan taraf hidup masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai rintisan wirausaha baru. Semakin banyaknya lapangan pekerjaan baru akan menyebabkan berkurangnya konflik sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *